Cara Memisahkan No Halaman Romawi (ii) Dengan Angka (1,2,3) Di Microsoft Word - TXDial

Cara Memisahkan No Halaman Romawi (ii) Dengan Angka (1,2,3) Di Microsoft Word

 Hay, apa kabar semuanya, nah pertama-tama mimin mau ngajakin untuk selalu jaga kesehatan di tengah pandemi seperti ini. Siapa sih yang nggk pusing setiap harinya di berikan tugas makalah, makalah, dan makalah, terlebih lagi SFH(School From Home) makalah sudah jadi makanan sehari-hari. ketika kita masih pemula dalam pembuatan makalah, pasti akan bingung  gimana memisahkan halaman. sebenarnya ada banyak cara penyusunan makalah yang baik dan benar, namun di kesempatan kali ini , mimin akan bagikan cara memisahkan no halaman romawi dengan angka.

 Halaman merupakan bagian terakhir penyusunan makalah, kamu pasti berpikir, hmm gimana sih cara misahinnya?, cara biar kayak di buku-buku itu gimana? aku nyoba nggk bisa-bisa huaaa? yok mari kita buat Let's Go!!

1. Microsoft Word


 Yang harus di lakukan pertama adalah membuka Microsoft Word, kamu bisa menngunakan Microsoft Word 2003,2007,2010,2016, initya sama saja namun yang mimin pakai itu 2010 karena konter-konter di tempat mimin masih menggunakan versi ini takutnya nanti tidak suport ketika mau ngerubah nya di konter, mimin saranin pakai yang ini lebih fleksibel dan aman.



2. Membuat Halaman

 Selanjutnya adalah membuat halaman, seperti biasa buka Microsoft Word nya, lalu buka makalahnya klik Insert-Page number-pilih mana yang suka, kalau mimin pilih Bottom of page-Plain number 3.


3. Memisahkan Halaman

Selanjutnya memisahkan antara halaman satu dengan halaman satunya, pertama klik di judul seperti ini



lalu klik-Page layout- Breaks-Next page. Maka akan otomatis akan terpisah halamannya dan membuat halaman blank putih namun terkandang juga tidak.


4. Merubah Format Halaman

Selanjutnya merubah format halaman. Halaman di atas sudah terpisah namun Nomornya masih satu format 1,2,3 dan seterusnya oleh itu kita rubah dengan cara mengeklik halaman tersebut jadi masuk ke header, lalu klik Link previous hingga warna kuning nya hilang , lalu pilih Page number di ujung bagian kiri pilih formatnya. Disini karena ingin merubah halaman kata pengantar dan daftar isi jadi romawi maka pilih romawi dan klik di bawah di awali dengan i. 




Begitu juga untuk halaman isi yang akan di rubah ke angka maka klik seperti pada langkah di awal klik di judul-klik-Page layout- Breaks-Next page-klik no halaman-klik link to previous hingga warna kuning hilang- rubah formatnya, karena isi maka rubah formatnya jadi 1,2,3, dan mulai dari 1(di ms word tulisan start at:)

Karena bagian penutup ingin rubah ke romawi lagi, lakukan langkah seperti di atas namun kita mulai dari romawi keselanjutnya misal di daftar isi romawi ii maka penutup kita mulai di romawi iii.


5. Merapikan 

yaps, kalian haru merapikannya, ada beberapa pasti yang menjadi blank putih, itu pasti, ntah kita salah klik atau apa. intinya rapikan saja.

Itu saja yang dapat saya bagikan, jika ada pertanyaan silahkan komen di bawah,atau mau nanya yang lainnya, boleh-boleh saja.

Post a Comment

0 Comments